ANIS MERAH SUSAH NGEPLONG? INI SOLUSINYA

Kicaukan-Anis Merah Susah Ngeplong? Ini Solusinya. Burung anis merah atau punglor merah memang menjadi salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari. Namun karena harganya yang lumayan mahal, anis merah hanya digemari oleh kalangan 'the have" saja. Keindahan anis merah secara umum adalah suara kicauan yang indah, gaya berkicau yang elegan, dan warnanya yang mempesona. Namun di balik pesona anis merah, para penghobi anis merah sering mengalami kegagalan dalam membuat anis merah ngeplong. Ya, anis merah bisa sangat susah ngeplong karena banyak faktor. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi artikel tentang "Anis Merah Susah Ngeplong?Ini Solusinya." Memang dibutuhkan kesabaran ekstra tinggi dalam merawat anis merah (AM). Karena memang anis merah memiliki karakter yang unik.

ANIS MERAH SUSAH NGEPLONG? INI SOLUSINYA

Anis Merah Susah Ngeplong bisa jadi karena perawatan kita yang tidak tepat. Maksudnya, kita sudah memberikan perawatan yang terbaik tetapi AM tetap tidak mau ngeplong. Karena setiap anis merah mempunyai karakter masing-masing. Jadi rawatan kita pun harus menyesuaikan karakter AM. Pengalaman menunjukkan bahwa anis merah hanya ngriwik saja dan tidak mau ngeplong. Untuk membuat anis merah ngeplong kita harus kreatif agar menemukan formula yang tepat. Namun sebelum itu ada baiknya anda membaca beberapa artikel anis merah berikut ini :

Setelah anda membaca artikel di atas, mari kita kembali ke topik semula. Yaitu tentang cara mengatasi anis merah susah ngeplong. Berikut tips lengkapnya untuk anda.

Anis Merah Susah Ngeplong?Ini Solusinya

Berikut ini beberapa cara mengatasi anis merah yang susah ngeplong :

1. Gunakan AM betina sebagai pancingan
Anis merah jantan jagoan anda belum juga ngeplong? Mungkin anda bisa memancing birahinya dengan mendatangkan anis merah betina. Secara naluri, anis merah jantan pasti membutuhkan si betina. Dan biasanya, jika anda anis merah jantan di dekatnya maka si anis merah jantan akan menunjukkan kebolehannya. Yaitu degan cara berkicau dan bergaya. Nah anda bisa mendekatkan anis merah betina di dekat sangkar anis merah jantan anda. Bisa dengan cara ditempelkan atau didekatkan saja. Atau jika tak punya AM betina, anda juga bisa menggunakan AM jantan yang sudah gacor sebagai pemancing. Namun jangan sampai saling melihat karena bisa down mentalnya.

2. Perhatikan pakan harian
Bagaimana rawatan harian anis merah anda? Apakah voer dan EF nya sudah mencukupi? Bisa jadi porsi EF yang anda berikan kurang tepat/tidak cukup. Nah untuk kasus anis merah yang hanya ngriwik dan tidak mau ngeplong, tambah porsi EF. Berikan pakan tambahan seperti larva serangga, UH, jangkrik, kroto, cacing tanah. Adapun buahnya antara lain pisang kepok, sawo, pepaya, salak, apel, pepaya. Cobalah memberikan EF yang bervariasi untuk AM anda.Barangkali sebelumnya EF-nya kurang.

3. Lingkungan yang tenang dan nyaman
Anis merah merupakan burung yang membutuhkan suasana yang nyaman. Untuk itu, perhatikan lingkungan sekitar anis merah anda. Bisa jadi anis merah tidak mau ngeplong karena lingkungan/suasana yang tidak kondusif. Caranya dengan memindah ke sangkar yang baru, atau digantang di lokasi yang baru. Di saat malam hari berikan full kerodong untuk anis merah. Dan anda bisa memberikan terapi pengembunan agar anis merah cepat ngeplong.

4. Berikan multivitamin yang tepat
Anis merah pastinya membutuhkan nutrisi yang banyak dan lengkap. Dan itu harus kita cukupi agar anis merah cepat ngeplong. Nah berikan multivitamin secara rutin seminggu 2-3 kali untuk anis merah anda. Ada banyak multivitamin burung yang bisa anda dapatkan DISINI.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang anis merah susah ngeplong?Ini solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Anis Merah Susah Ngeplong

stats online users