CARA PALING AMPUH MENGATASI KACER MBAGONG

Cara Mengatasi Kacer Mbagong adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para kacermania. Memang burung kacer/poci memiliki karakter yang keras dan terkadang sulit dikendalikan. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kacermania adalah kacer mbagong yang sulit dihilangkan. Memang perilaku mbagong pada kacer sering kita temui, khususnya para pemula. Kacer dikenal sebagai burung yang galak dan labil. Kacer mbagong sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara tergantung dari apa penyebabnya. Nah kali ini kami akan berbagi tips kepada anda tentang bagaimana cara menghilangkan perilaku kacer mbagong. 

CARA MENGATASI KACER MBAGONG

Kacer mbagong jika diamati memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena kondisi birahi yang berlebih (OB), atau bisa juga karena mandi yang tidak teratur. Nah jika anda memiliki kacer yang suka mbagong maka pahami dulu kesalahan/penyebabnya. Karena kacer mbagong bukan semabarangan cara mengatasinya. Setiap kacer mbagong butuh penanganan berbeda sesuai dengan penyebabnya. Misalnya kacer mbagong karena mandi yang tidak teratur. Hal ini sering terjadi karena pemilik kacer harus bekerja sehingga tidak fokus merawat dan memandikan kacernya. Maka pemilik kacer harus segera mencari tahu kapan waktu yang paling disukai untuk mandi. Oke untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita cari tahu cara mengatasi kacer mbagong berikut ini.

Mengatasi Kacer Mbagong

Ada beberapa cara mengatasi kacer mbagong dan disesuaikan dengan penyebab mbagongnya. Cara ini bersumber dari pengalaman, dan boleh anda coba atau tidak. Yang jelas cara ini cukup efektif.

1. Mengatasi kacer mbagong karena pergantian sangkar atau tangkringan
Tahukah anda bahwa kacer mbagong bisa disebabkan oleh pergantian sangkar dan tangkringan/tenggeran? Ya benar, karena di saat kacer sudah nyaman dengan sangkar dan tangkringannya anda tak perlu gonta-ganti sangkar. Ada beberapa kicaumania yang gemar mengganti sangkar kacer tanpa memahami apakah kacer sudah nyaman atau belum. Jika kacer sudah terlihat nyaman dan anteng, anda tak perlu mengganti sangkar. Lalu bagaimana cara mengatasi kacer mbagong karena pindah sangkar? Jawabannya adalah mengembalikan suasana sangkar dan tenggeran seperti dulu. Misalnya mengembalikan kacer ke sangkar lama atau men-set sangkar agar suasananya seperti sangkar lama.

2. Mengatasi kacer mbagong karena kesalahan mandi
Kacer atau poci memang jenis burung kicau yang gemar mandi. Inilah yang harus anda perhatikan, karena jika kita salah menerapkan model mandi kacer maka kacer bisa mbagong. Karena keterbatasan waktu dan kesibukan bekerja, kadang kita tidak punya waktu banyak untuk merawat kacer. Jadi kita hanya memandikan kacer di saat kita bisa atau semau kita. Padahal kacer yang mandi tanpa kemauannya sendiri akan berdampak buruk. Wajib anda ketahui bahwa kacer mandi atas kemauannya sendiri, jadi sebaiknya jangan gunakan sprayer tetapi gunakanlah karamba. Jika kita salah menerapkan mandi kacer, kacer akan mbagong, kepala ditekuk ke belakang, atau memekarkan bulu-bulunya.  Lalu bagaimana cara agar kita bisa tahu kapan kacer mau mandi? Nah berikut tips memandikan kacer agar tidak mbagong :
  • Gunakan karamba sebagai sarana mandi kacer.
  • Masukkan kacer di karamba setiap pagi, siang dan sore. Contohnya, kita memasukkan kacer di karamba di pagi hari. Jika kacer mau mandi, berarti kacer suka mandi di pagi hari. Jika kacer belum mau mandi, jangan dipaksa mandi. Tetapi cobalah kembali di siang atau sore hari. Intinya mencari tahu kapan waktu yang disukai kacer untuk mandi. Dengan begitu kacer akan mandi dengan nyaman dan tidak mbagong.
  • Jika kacer mau mandi pagi, cobalah kembali menaruhnya di karamba di siang atau sore hari. Barangkali kacer juga suka mandi siang atau sore. Karena ada kacer yang suka mandi sehari sekali, sehari 2 kali, sehari 3 kali atau hanya seminggu 3 kali. Pahamilah karakter kacer anda dengan baik.


3. Mengatasi kacer mbagong karena sakit atau stress
Kacer mbagong bisa juga disebabkan oleh penyakit dan stress. Misalnya kacer yang sebelumnya tidak mbagong kok kemudian mbagong? Silakan diamati kesehatannya, apakah kacer sakit atau tidak. Biasanya kacer mbagong bisa disertai dengan mencret (diare), dengan ciri-ciri kotorannya cuer. Penting untuk anda ketahui, kotoran yang cuer disertai gelembung adalah karena cacingan. Sedangkan mencret juga bisa disebabkan karena tidak nyaman/stress di lingkungan baru. Untuk penanganan yang akurat, jangan sungkan untuk memanggil dokter burung di daerah anda.

4. Mengatasi kacer mbagong karena EF
Kacer mbagong bisa juga disebabkan oleh pemberian porsi EF yang berlebihan. Misalnya anda biasa memberi jangkrik lebih dari 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Cobalah untuk memberi jangkrik 3 ekor saja di pagi dan 3 ekor di sore hari. Pertahankan porsi jangkrik sampai hari keempat. Pada hari kelimna, berikan jangkrik 4 ekor di pagi, dan 4 ekor di sore. Di hari kesepuluh, berilah 5 ekor jangkrik di pagi, dan 5 ekor di sore sampai hari ke-14. Setelah itu anda bisa mentrek atau mencoba kacer di lapangan. Jika masih mbagong, berikan ulat bumbung 2-3 ekor setiap hari dengan porsi jangkrik 5/5. Ulat bumbung efektif mengatasi kacer mbagong.

Memang kacer mbagong bisa sangat mengganggu penampilan kacer di lapangan atau di gantangan. Langkah yang harus anda lakukan adalah memahami dulu apa penyebab kacer mbagong, agar terapinya juga tepat agar kacer gacor. Sebenarnya tak anda patokan obat kacer mbagong, tetapi dengan berbagi pengalaman ini semoga bisa menjadi acuan atau wawasan untuk anda. Salam Kacer Anti Mbagong.!!!

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi kacer mbagong. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : Grosir Sangkar Burung Set

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong

stats online users