Latest News

PENYEBAB MENGAPA LOVEBIRD BETINA TIDAK SEGERA BERTELUR

Kicaukan - Penyebab Mengapa Lovebird Betina Tidak Segera Bertelur - Selamat datang di blog kesayangan anda, sobat kicaukan. Bagaimana kabar anda hari ini? Tentunya selalu sehat dan gembira bukan? Setelah pada kesempatan sebelumnya kami berbagi tips mengenai cara agar lovebird cepat bertelur, pada kesempatan ini kami juga akan berbagi informasi tentang lovebird / burung cinta ini.

Lovebird memang burung yang indah dan disukai oleh banyak orang. Tetapi masalah yang dihadapi oleh para pecinta dan peternak lovebird juga cukup banyak, seperti lovebird betina yang tidak segera bertelur meski usianya sudah dewasa. Dalam beternak lovebird anda pasti ingin lovebird betina segera bertelur agar dapat menjual anakannya dan menghasilkan uang. Lovebird betina yang tidak kunjung bertelur meskipun sudah dijodohkan dan dikawinkan berarti mempunyai kelainan atau masalah, dan anda sebagai pecinta burung wajib mengetahui apa sebabnya. 

Penyebab Mengapa Lovebird Betina Tidak Segera Bertelur


Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi kepada sobat kicaukan tentang penyebab mengapa lovebird betina tidak segera bertelur. Berikut ini beberapa sebab mengapa lovebird betina tidak segera bertelur :

1. Cek jenis kelamin
Burung cinta atau lovebird sulit dibedakan antara yang jantan dan betina, karena lovebird termasuk jenis burung monomorfik seksual (penampilan jantan dan betina sangat mirip). Untuk itu anda harus benar-benar memperhatikan jenis kelamin lovebird anda. Jika anda menjodohkan 2 lovebird jantan, maka sampai kapan pun tidak akan bertelur meskipun terlihat berjodoh. Pastikan pasangan lovebird anda adalah jantan dan betina.

2. Usia lovebird betina
Lovebird betina bisa bertelur jika sudah memasuki usia dewasa, yaitu 10 bulan untuk lovebird non-kacamata /non-klep (peachface) dan 1 tahun lebih untuk lovebird klep/kacamata (dakocan kepala hitam dan kepala emas). Untuk itu pastikan lovebird betina yang anda jodohkan usianya sudah dewasa dan sudah matang / siap untuk bertelur. Untuk calon indukan, pilihlah lovebird betina klep umur 8-12 bulan, dan umur 5-7 bulan untuk lovebird betina non-klep.

3. Jenis lovebird betina
Jenis lovebird betina yang kami maksud di sini adalah lovebird betina yang semi klep (hasil persilangan antara logvebird klep dan non-klep). Lovebird betina hasil persilangan klep dan non-klep biasanya mempunyai sifat infertil (mandul) sehingga tidak bisa bertelur. Sebagai solusinya, anda harus mengganti lovebird betina dengan jenis klep atau non-klep agar cepat beertelur. 

Lovebird betina normal jika sudah dewasa dan sudah dijodohkan pasti akan segera kawin dan bertelur. Tetapi jika lovebird anda tidak segera bertelur, bisa jadi poin-poin di atas adalah masalahnya. Cek atau konsultasikan dengan kerabat anda yang ahli dalam bidang burung lovebird untuk memastikannya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab mengapa lovebird betina tidak segera bertelur, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Para pembaca, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Paling Ampuh.